welcome!

well, enjoy these very unimportant posts...

Minggu, 08 Mei 2011

jakun,telong, erik n maya

perkenalkan, sahabat-sahabat kecilku:
jakun, telong, maya dan erik.
sahabat yang pernah kupelihara kujadikan teman sepermainan.

yang pertama (meskipun urutannya mungkin tidak kronologis) JAKUN. dia adalah ayam jantan tanggung (akil baligh lah..). mbakku yang namain gitu. entah apa maksudnya. prediksiku mungkin berdasarkan imejnya. hoh? emang apa hubungan antara jakun dan ayam? sepengetahuanku, dimana-mana ayam jantan _apalagi betina_ gada yg berjakun. well, ga papa lah,, itung-itung nyenengin kakak dewe.

menurutku ayam itu macho banget. ada sih, yang macho-an n muscular lg, tapi uda kelewat tua dia. posisi ayam gaek itu lebih mirip kepala genk ayam sekandang. tajinya uda gede. nyeremin ayam-ayam abg tapi mempesona para babon. bulunya warna-warni mengkilap. pas buat bikin kemoceng.

tapi ya gitu, bagaimanapun, jakun is the best. badannya ramping dan mulai berotot. suaranyapun okeh. pandangan matanya cerdik. gerak-geriknya energik. huwah,lebaiiy.. lebih dari itu, dia masih fresh. he is a truly cage's idol.

masa liburanku sering kuhabiskan bareng sepupu-sepupuku, mas Riz, mba Irma, Aa, de Alin, n mba Ajeng (mba Ulfa masih bayi). hobi kami menjelang petang adalah masukin ayam-ayam itu ke kandang. mengingat jumlah penghuninya dan luas kebun belakang rumahku, pekerjaan itu terasa berat untuk anak-anak bandel macam kami. bandel? iya, itu julukan tetanggaku yang pohon pisangnya pernah ditebang oleh salah satu diantara kami. lain well, lain waktu aku pingin nyeritain kenakalan kami yang lebih ekstrim. not this time.

tragedi berlangsung saat musim slametan (semacam acara tasyakuran untuk mendoakan pendahulu).
pada acara ini kami akan mengundang banyak tetangga ke rumah. berdoa bersama. dan makan-makan.
bisa ditebak, bencana itu berkisar pada penduduk resmi kandang. salah satunya adalah jakun.

tidak. tidak. aku tidak menangis,teman.
kenapa begitu?

karena ibu dan komplotannya sudah menyusun rencana pembantaian yang amat rapi jali.
jakun dkk disembelih sewaktu aku masih di sekolah, SDN Jombang 4.
sepulangnya, aku berlari-lari kecil, lengkap dengan kuncir rambut panjangku terayun-ayun, dengan rok lipit-lipit merahku. hatiku berbuncah melihat deretan kue favoritku, nasi kuning dan ingkung.

what is ingkung? it's a kind of cooked chicken served solidly. yum...
I couldn't wait any longer. I ate one portion of the yellow rice and a piece of ingkung.

"enak, dek?" tanya ibuku.
aku ngangguk-angguk karena mulut kecilku penuh dengan makanan.

habis makan, aku bergegas ganti baju. dan main ke kebun seperti biasa. alangkah syoknya aku saat ku tau jakun is no longer exists in da world. he has gone..

kemana airmataku? aku tak menemukannya.
aku terpaku. diam tak berkata-kata. pun tidak menangis.
mungkin karena perutku sudah kenyang. bisa jadi ibu terlibat dalam strategi ini.
maafin aku, kun. tak menangis bukan berarti aku tidak kehilanganmu... :'(


TELONG
dia seekor kucing betina. kuadopsi dari alm. bude Tipah yang punya banyak kucing. 
kupilih dia karena warna bulunya paling nyentrik. ada tiga warna.
saat kupamerkan ke mbakku, lagi-lagi dengan seenaknya dia menamainya.
kali ini dia memberinya nama Telon, karena dalam bahasa jawa, kucing tiga warna disebut juga dengan kucing belang telon.
nah, karena aku masih TK (TK Darma Wanita), I miss spelled it. yang harusnya Telon, di lidahku jadi Telong.
biarin dah, suka-suka aku..

Telong kucing yang amat sangat super lucu sekali. unyu. dia ekspresif banget. belum dewasa sikapnya. kalo dipanggil, gak cuma kepalanya, badannya pun ikut nengok. kalo diibaratkan manusia, mungkin Bu Made dan teh Yulis yang paling dekat dengan perumpamaan itu. maaf, Bu, bukan maksud fafa membandingkan Ibu dengan si Telong. tapi sikap ibu yang luar biasa enerjik itulah yang membuat fafa jatuh hati.

dia itu kucing yang kalo dipanggil "Telooong..." ekornya akan mukul-mukul ke lantai.
ekornya akan menjelma jadi sikat botol bayi jika dia menggeram.
pernah, aku iket ekornya di keset tempat tidur favoritnya. wkt terbangun, dia muter2 berusaha melepas ikatannya. jahat juga aku. biarin, aku kan masih kecil (hehee, pembelaan)

tapi kucing bukanlah manusia. saat aku beranjak gede, mereka akan menua. begitu juga yang terjadi pada Telong. dia mulai kenal kucing lain. jatuh cinta dan berkencan.
aku gak inget kapan pernah menikahkannya. dia pregnant begitu saja. siapa pasangan kumpul kebonya (kumpul kucingnya) is unknown.
setelah 63 hari masa hamilnya, dia melahirkan. di lemari ibuku! di tama tulo (kamar kulon)..
geram sekali ibuku. tapi dia tidak memperlihatkannya. dia lebih antusias membantuku membersihkan anak-anaknya.

Telong melahirkan 3 ekor kucing kecil. hebatnya, ketiganya beda warna. yang putih kunamai Kiku, yang merah Koko dan yang satunya aku lupa warna apa, tp kalo gak salah namanya Kiki.

ingatanku agak blur, kayaknya suaminya Telong pernah menculik satu diantara anak kucing itu. versi teman-temanku, bapak kucing biasanya suka menculik anak bayinya untuk kemudian akan dimakan. hiiiiiiiiy.....ngeri ya. smg itu cuma kabar burung.. eh kabar kucing.

cara menggendong bayinya juga aneh. Telong menggigitnya di tengkuk bayinya. kupikir Telongpun kucing yang sadis. bukan ternyata. emang begitu cara kucing mengangkutnya. heheheh, apa bisa dia gendong pake gendongannya varo?

episode berikutnya, telong menghilang tanpa jejak. anak-anaknya ikut serta. ikut program transmigrasikah mereka? no, no, sepertinya dia pergi mencari tempat penampungan yang lebih kondusif. terindikasi dari makin seringnya ibuku memarahinya karena anak-anaknya yang jorok. buang air seenak udelnya.

lagi-lagi, aku tak menangis.
karena aku nemu piaraan baru.

namanya ERICK.
badannya kecil. hobinya gak ngapa-ngapain. diem aja di dalam bokor (sejenis cawan dari bahan kuningan).
dia seekor jengkerik. dia cuma bisa mengerik. "krik-krik-krik-krik........"
that's why I named him Erick. keren kaan.....
pede banget aku namain dia gitu. padahal aku ga tau dia itu laki apa perempuan.
beno wes, suka-suka aku lagi...

seseorang bilang bahwa untuk meningkatkan volume suaranya bisa dengan memberinya sedikit cabai pada makanannya.
makanan utamanya adalah upo (jawa: butiran nasi putih). 
kuturutin petuahnya. upo erick kututulin cabe dikit.
terus kudengerin rik-rikannya. gak beda.
kukasih pucukan cabenya.
terus kudengerin rik-rikannya. no differences.
saking pegelnya, besoknya, gak kukasih upo, tp sebuah cabe merah.
dan yang terjadi adalah, Erick mati terkapar tak berdaya. diare mungkin..
dia sempat menulis surat wasiat untuk teman-temannya di Komunitas Jangkrik Indonesia:
" dear friends, 
waspadalah dengan manusia.
terutama jika dia masih anak-anak seperti majikanku.
dia emang cantik imut-imut.
baik hati, tidak sombong dan rajin menabung.
berhubung dia masih labil, dia percaya saja omongan orang untuk meracuniku dengan cabai.
untuk itu, kalian harus waspada terhadap manusia.
waspadalah..waspadalah...
Ricky the Cricket"

oalaah, namanya Ricky to..  no big deal, beda dikit...
:p
my third pet has left me..

yang ini adalah cerita tentang MAYA.
dari keempat piaraanku, dialah yang paling kusayang.
dia anak ayam.
bulunya kuning dan masih halus mulus. lembuuuut.....tak terkira.
kuambil paksa dari induknya.
heran juga, padahal kan babon yang piyiknya baru menetas kan biasanya super duper galak.
kok aku bisa ngalahin powernya ya?
ga taw, yang penting di genggamanku uda nangkring si ayam lucu.

sehari-hari kuberi dia makan menir (butiran beras yang paling kecil), menyesuaikan dengan ukuran paruhnya. woa, I'm in love with her.
her? emang dia cewe? g tau. pikirku kalo yang imut n lembut kayak dia pastilah cewek..

sepulang sekolah, aku tengokin kandang kecil milik Maya.
OmG,, kaki mungilnya udah njungkir ke atas. badannya tak bergerak lagi.
awawawawawaa......tangisku meledak.
de Sutik, saudara yang tinggal si rumah, menghiburku. bahwa anak ayam memang seharusnya diasuh oleh emaknya sendiri. huaaaa....aku makin menangis menyesali keegoisanku.


Jakun, Telong, Erick n Maya, kuharap kalian tau how much I love you..
pelase forgive me n rest in peace y, kawan......

2 komentar:

  1. miss ..
    ceritanya bagus2 bnged .. bahasanya gokkil lagee .. jd bhasanya menarik ..
    ^^ love this^^

    _Riisyah_

    BalasHapus
  2. nggak pelihara lagi nih ,miss ??? :)

    BalasHapus